Senin, 10 Juni 2013

Unsur Administrasi PT Fastfood Indonesia


ADMINISTRASI
STRUKTUR ORGANISASI
PT. FASTFOOD INDONESIA Tbk.
DISUSUSUN
OLEH:
RINTO AGUSWAN
061230601216









BAB I PENDAHULUAN
1.1LatarBelakang
                Semuakegiatan yang dilakukan oleh perusahaan diperlukan sistem administrasi.  Apabila sistem administrasi dirancang dengan baik di dalam sebuah perusahaan, maka akan banyak manfaat yang bisa diperoleh manajemen perusahaan tsb.  Olehkarena  itu saya akan mengupas tuntas sebuah sistem administrasi dalam perusahaan PT. Fastfood Indonesia Tbk atau yang sering kita kenal dengan nama KFC.  Restoran cepa tsaj iterbesar di Indonesia yang sering didatangi pengunjung dan juga memiliki cabang-cabang diseluruh Indonesia.
                Sejarahsingkatnya, PT Fastfood Indonesia Tbk. adalah pemiliktunggal waralaba KFC di Indonesia, didirikan oleh Gelael Group pada tahun 1978 sebagai pihak pertama yang memperoleh waralaba KFC untuk Indonesia. Perseroan mengawali operasi restoran  pertamanya pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta, dan telah memperoleh sukses.  Kesuksesan outlet ini kemudian diikuti dengan pembukaan outlet-outlet selanjutnya di Jakarta danperluasan area cakupan hingga kekota-kota besar lain di Indonesia, antara lain Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Manado.  Keberhasilan yang terus diraih dalam pengembangan merek menjadikan KFC sebagai bisnis waralaba cepatsaji yang dikenal luas dan dominan di Indonesia.  Bergabungnya Salim Group sebagai pemegang saham utama telah meningkatkan pengembangan Perseroan padatahun 1990, danpadatahun 1993 terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Jakarta sebagai langkah untuk semakin mendorong pertumbuhannya.  Kepemilikan saham mayoritas pada saat ini adalah 79,6% dengan pendistribusian 43,8% kepada PT Gelael Pratama dari Gelael Group, dan 35,8% kepada PT Megah Eraraharja dari Salim Group; sementara saham minoritas (20,4%) didistribusikan kepada PublikdanKoperasi.  Perseroan memperoleh hak waralaba KFC dari Yum! Restaurants International (YRI), sebuah badan usaha milik Yum! Brands Inc., yaitu sebuah perusahaan publik di Amerika Serikat yang juga pemilik waralaba dari empat merek ternama lainnya, yakni Pizza Hut, Taco Bell, A&W, dan Long John Silvers. Lima merek yang bernaung dibawah satu kepemilikan yang sama ini telah memproklamirkan Yum! Group sebagai fast food chain terbesar dan terbaik didunia dalam memberikan berbagai pilihan restoran ternama, sehingga memastikan kepemimpinannya dalam bisnis multibranding. Untuk kategori produk daging ayam cepat saji, KFC tak terkalahkan.
                Dari sejarah diatas dapat dikatakan KFC di Indonesia sudah mengibarkan bendera perusahaan sudah sejak lama di tanah Indonesia.  Dengan sistem administrasi yang baik, KFC berhasil berdiri sejak lama di Indonesia yang membuktikan bahwa sistem administrasi yang baik dapat membantu kinerja perusahaan.  KFC telah membuktikannya dengan membesarkan namanya dan membuka cabang-cabang perusahaan di daerah-daerah di Indonesia.  Di Palembang banyak sekali kita temukan cabang-cabang dari KFC salahsatu yang kitaambiladalah KFC Demang yang beralamat Jl. Demang Lebardaun No. 89 Palembang.

1.2 TujuanPenulisan
                Tujuan dalam penulisan ini adalah bagaimana mempelajari unsur-unsur dari system administrasi dari PT Fastfood Indonesia yang meliputi unsur-unsur administrasi diantaranya organisasi, komunikasi, manajemen, informasi, administrasi perbekalan, administrasi keuangan dan hubungan masyarakat.  Dimana dari semua unsur-unsur tersebut akan dipahami dalam PT Fastfood Indonesia yang dimana PT Fastfood Indonesia adalah perusahaan waralaba terbesar di Indonesia yang mengindikasikan bahwa PT Fastfood Indonesia memiliki system administrasi yang solid sehingga mereka tetap exist dalam dunia bisnis di negeri Indonesia.  Disini juga saya akan membahas tujuan dari perusahaan ini yang berdasarkan prinsip-prinsip Administrasi dimana organisasi merupakan wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpindanterkendali, dalam memanfaatkan sumberdaya, sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.  Maka dari itulah berdasarkan pengertian dari organisasi kita mempelajari dengan seksama bagaimana sebuah perusahaan dapat berkembang dengan pesat dan bertahan lama dalam persaingan ekonomi.  Dalam kasus ini PT Fastfood Indonesia dapat kita jadikan contoh dan juga dapat kita jadikan pedoman dalam membentuk system adiministrasi perusahaan.
BAB II TEORI-TEORI
A.      Teori-TeoriMenurut Para Ahli.
-          Dimok (1996:26)
organisasi adalah perpaduan secara sistematika dari bagian-bagian yang saling bergantung atau berkaitan untuk membentuk satu kesatuan yang bulat melalui kewenangan, koordinasi dan pengawasan dalam rangka usaha untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
-          Hermaya
organisasi adalah tempat atau wahana proses kegiatan kumpulan orang-orang yang bekerjasama mempunyai fungsi dan wewenang untuk mengerjakan usaha mencapai tujuan yang telah ditentukan.
-          Sondang
organisasi dipandang sebagai alat pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dan strukturnya bersifat permanen tanpa menutup kemungkinan terjadinya reorganisasi.apabilahal itu dipandang perlu baik demi percepatan laju usaha pencapaian tujuan maupun dalam usaha peningkatan efisiensi efektivitas dan produktivitas kerja.
-          G.R. Terry
Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata.
-          Renville Siagian
Manajemen adalah suatu bidang usaha yang bergarak dalam bidang jasa pelayanan dan dikelola oleh para tenaga ahli terlatih serta berpengalaman.
-          Eiji Ogawa
Manajemen adalah Perencanaan, Pengimplementasian dan Pengendalian kegiatan-kegiatan termasuk system pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi usaha dengan terlebih dahulu telah menetapkan sasaran-sasaran untuk kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.
-          Gerald R. Miller
Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk memengaruhi perilaku mereka.
-          Carl I. Hovland
Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan (biasanyadenganmenggunakanlambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain.
-          A. Winnet
Komunikasi merupakan proses pengalihan suatumaksud dari sumber kepada penerima, proses tersebut merupakan suatu seriaktivitas, rangkaian atau tahap-tahap yang memudahkan peralihan maksud tersebut.
-          Kepegawaiansebagaiilmu
Mempelajari segenap proses penggunaan tenaga manusia sejak penerimaan hingga pemberhentiannya.
-          Kepegawaiansebagai proses
Proses penyelenggaraan politik kepegawaian (kebijkasanaanpolitikkepegawaian = personel policy) atau program kerja / tujuan yang berhubungan dengantenaga kerja manusia yang di gunakan dalam usaha kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.
-          Kepegawaiansebagaiseni
Seni memilih pegawai baru serta menggunakan pegawai-pegawai lama dengan cara sedemikian rupa, sehingga dari segenap tenaga kerja manusia itu diperoleh hasil dan jasa yang maksimal baik mengenai jumlah maupun mutunya.
-          Kepegawaiansebagaifungsi
Mengatur dan mengurus penggunaan tenagakerja manusia dalam suatu usaha kerja sama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu, yang meliputi kegiatan:
- Merumuskan tujuan, sasaran pokok kebijaksanaan politik dan,
- Menyusun organisasi untuk menyelenggarakan pelaksanaan tujuan sasaran pokok/kebijaksanaan politik itu.  

            Dari unsur-unsur diatas dapat dikatakan saling terkait satu dengan yang lain dalam kegiatan a dministrasi.  Apabila salah satu dari ketiga unsur tersebut tidak ada maka kegiatan tersebut tidak dapat dikatakan kegiatan administrasi. Oleh karena itu, unsur-unsur tersebut dikatakan sebagai unsur-unsur mutlak.

BAB III PEMBAHASAN
                Didalam bab ini kita dapat merumuskan beberapa pokok pembahasan dalam bab  ini dianataranya adalah:
1.       Sejarah berdirinya PT Fastfood Indonesia dan Sejarah dari KFC
2.       Bagaimana berjalannya struktur organisasi pada PT Fastfood Indonesia.
3.       Unsur-unsur administrasi apasajakah yang terdapatdalam PT Fastfood Indonesia
4.       Jenis kerjasama yang melatar belakangi PT Fastfood Indonesia
5.       Motif dan tujuan perusahaan
6.       System kerja dalam PT Fastfood Indonesia
7.       Status kepegawaian dalam PT Fastfood Indonesia

-          Sejarahberdirinya KFC
Telah kita ketahui di awal tulisan ini sejarah dari berdirinya KFC di Indonesia maka disini saya akan membahas sejarah dari KFC itu sendiri yang berasal dari Amerik Serikat.  Kentucky Fried Chicken ini didirikan oleh Colonel Harland Sanders (lahirpada 9 September 1890) pada usia enam puluh lima. KFC  merupakan salah satu bisnis terbesar global industri pelayanan makanan dan secara luas dikenal di seluruh dunia sebagai wajah Colonel Sanders.  Setiap tahun, lebih dari satu miliar chicken dinner KFC  dilayani menampilkan Colonel’s “finger lickin’ good” special recipe. Saat ini Kolonel telah menyebarkan industrinya untuk lebih dari delapan puluh negara dan teritori di seluruh dunia.  Selama bertahun-tahun, Kolonel Harland Sanders membawa formula rahasia untuk Kentucky Fried Chicken di kepalanya dan campuran rempah-rempah di mobilnya.  Hari ini, resep terkunci jauh di tempat yang aman di Louisville, Kentucky.  Hanya segelintir orang yang tahu, dan masing-masing berkewajiban untuk kerahasiaan ketat oleh kontrak.

-          Struktur organisasi PT Fastfood Indonesia
Struktur organisasi adalah kesatuan kerangka organisasi yang ditetapkan untuk proses manajerial, sistem, pola tingkah laku yang muncul dan terjadi dalam praktek penyelenggaraan organisasi dan manajemen.  Disini kita dapat melihat dari beberapa pengertian para ahli tentang struktur organisasi.
-          Struktur organisasi dapat diartikan sebaai kerangka kerja formal organisasi yang dengan kerangka kerja itu tugas-tugas pekerjaan dibagi-bagi, dikelompokkan dan dikoordinasikan (Robbins dan Coulter)
-          Struktur organisasi didefinisikan sebagai mekanisme-mekanisme formal dengan mana organisasi dikelolah (Handoko)
Dibawah ini gambar dari struktur organisasi PT Fastfood Indonesia:




1.       Unsur-unsur administrasi PT Fastfood Indonesia
Unsur-unsur administrasi yang ada di PT Fastfood Indonesia mempunyai unsur yang lengkap dan mumpuni  dalam menggerakkan kinerja perusahaan.  Beridiri lamanya PT Fastfood Indonesia di persaingan ekonomi tidak lepas dari kinerja administrasi yang baik.
·         Unsur-unsur yang ada pada PT Fastfood Indonesia antara lain:
·         Organisasi, PT Fastfood Indonesia memiliki organisasi yang solid dikarenakan kinerja dan kerja sama antara leader dan bawahannya bekerja dengan manajemen yang baik dan juga meliputi setiap elemen-elemen yang terlibat di perusahaan.
·         Manajemen, disini saya katakan manajemen dari PT Fastfood Indonesia termasuk memiliki manajemen yang baik dikarenakan dapat kita lihat dari setiap restoran KFC yang kita datangi. PT Fastfood Indonesia memilki pemimpin yang mengatur setiap bawahannya
·         Informasi, PT Fastfood Indonesia sangat membutuhkan informasi dikarenakan setiap perkembangan dan inovasi yang dialami oleh KFC tidak lepas dari informasi yang didapat dari masyarakat maupun berbagai media untuk mendapatkan resep dan menu yang baru.
·         Kepegawaian, kepegawaian PT Fastfood Indonesia tidak berbeda dengan sistem kepegawaian yang ada pada perusahaan lain, hanya PT Fastfood Indonesia memiliki kepegawaian yang lebih banyak yang tersebar di setiap cabang-cabangnya.
·         Keuangan, keuangan di PT Fastfoos Indonesia tergolong baik dikarenakan PT Fastfood Indonesia tidak pernah mengalami kebangkrutan pada setiap cabangnya.
·         Perbekalan, perbekalan di PT Fastfood Indonesia diantaranya ayam, saus, beserta perabotan makan.
·         Hubungan masyarakat, hubungan masyarakat pada PT Fastfood Indonesia adalah hanya sebatas promosi dari menu-menu baru.

2.       Aspek Terbentuknya Perusahaan.
                Aspek terbentuknya perusahaan di latarbelakangi dengan adanya penigkatan minat masyarakat dalam mengkonsumsi ayam goreng.  Disini PT Fastfood Indonesia ingin membuat masyarakat Indonesia dapat merasakan cita rasa ayam goreng dari KFC yang sudah terkenal disetiap belahan dunia.
3.    Motif dan Tujuan PT Fastfood Indonesia
                Dalam pengertian administrasi motif dan tujuan dibagi menjadi dua yaitu administrasi negara dan administrasi bisnis.  Pada PT Fastfood Indonesia motif dan tujuan hanya berbasisi pada administrasin bisnis.  Bisnis yang dikembangkan oleh PT Fastfood Indonesia termasuk maju dan berkembang, ini mengindikasikan bahwa PT Fastfood Indonesia mempunyai motif dan tujuan yang serius sehingga memperoleh hasil yang baik dalam kegiatan bisnisnya.
4.    Proses dan Sistem Kerja
                Di PT Fastfood Indonesia, proses dan sistem kerja berjalan dengan baik.  Ini bisa dilihat dari gerai- gerai restoran yang ada pada setiap cabang KFC.  Di KFC sendiri, proses dan sistem kerjanya terdiri dari pelayanan terhadap konsumen seperti waiters, koki, chassier.  Disini mereka menjalani tugasnya dengan baik dan mengutamakan kepuasan pelanggan.
5.   Status Pegawai
                Status pegawai pada PT Fastfood Indonesia adalah pegawai swasta, bukan pegawai negeri.   Ini dikarenakan PT Fastfood Indonesia bukan termasuk BUMN yang dikelola negara tapi PT Fastfood Indonesia dikelola oleh swasta.

BAB IV PENUTUP
                Dari pembahasan-pembahasan di atas, dapat kita tarik kesimpulan diantaranya:
1.  Struktur organisasi yang efektif diterapkan dalam suatu perusahaan    adalah struktur organisasi yang dapat memenuhi kepentingan pengguna.

2.  Faktor yang mempengaruhi pemilihan administrasi suatu perusahaan adalah organisasi, manajemen, komunikasi, informasi, keuangan, kepegawaian, perbekalan, hubunngan masyarakat.
3.  Staf/karyawan perusahaan adalah sataf yang memiliki kompetensi, baik kompetensi professional (mempunyai pengetahuan/keahlian), maupun kompetensi Individu (memiliki dalam hal pengelolaan dan pengembangan perpustakaan)

Daftar Pustaka:
www.kfcindonesia .com
kumorotomo, Wahyudi. 1993. Pembangunan administrasi di indonesia.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar