Rabu, 12 Juni 2013

Sejarah Juventus Ultras


STORIA UN GRANDE AMORE

Suporter JUVENTUS adalah para pendukung klub sepak bola Italia,Juventus Football Club. Pertama kali muncul di dekade 1970-an. Dua kelompok pertama disebut Venceremos dan Autonomia Bianconera dan keduanya berada di sisi kiri dalam politik. Pada tahun 1976, dua kelompok ultras terorganisir pertama didirikan, Fossa dei Campioni dan Panthers..
Setahun kemudian, Gruppo Storico Fighters didirikan oleh Beppe Rossi, yang merupakan tokoh paling penting di antara para pendukung Juventus saat itu.
Pada tahun-tahun pertama dekade 1980-an, kelompok-kelompok pendukung lainnya diciptakan: Gioventu Bianconera, Area Bianconera dan Indians di antara mereka. Dua kelompok ultras yang ekstrim juga didirikan selama periode ini: Viking dan Nucleo Armato Bianconero (NAB) Pada tahun 1987 Gruppo Storico Fighters dibubarkan sebagai konsekuensi dari konflik antara Juve dan penggemar Fiorentina di Florence. Banyak anggota Fighters bersama-sama dengan anggota lainnya dari kelompok Indians dan Gioventu Bianconera memutuskan untuk membentuk sebuah kelompok baru yang disebut Arancia Meccanica, terinspirasi oleh film Stanley Kubrick yang populer, namun tak lama kemudian mereka telah berubah nama menjadi Drughi. Drughi menjadi kelompok pendukung yang paling penting dan memiliki sekitar 10.000 anggota antara 1988 dan 1996.
Pada tahun 1993, beberapa anggota Drughi yang dulunya anggota Fighters memutuskan untuk membangkitkan kelompok lamanya ini lagi. Dalam empat tahun ke depan mereka bertempur dengan Drughi, yang kemudian menjadi kelompok terkemuka di La Curva Scirea dari Stadion Delle Alpi. Hasilnya adalah bahwa Drughi akan menggantung spanduk mereka di tengah La Curva Scirea sedangkan Fighters harus menempatkan mereka di kanan mereka.
Pada tahun 1997, pemimpin kelompok Fighters dan Drughi bersama-sama dengan kelompok-kelompok lainnya di La Curva Scirea memutuskan untuk melebur dengan nama Black And White Fighters Gruppo Storico 1977.

Dalam periode ini, kelompok lain, Irrudicibili Vallette, memperoleh pengaruh besar di Curva Nord dari stadion. Kelompok ini didirikan pada tahun 1990 oleh sekelompok orang dari lingkungan Valette di kota Turin. Kelompok ini ditempatkan di Curva Nord di ujung stadion dari mana Fighters ditempatkan. Pada awalnya kelompok ini sangat terorganisir dan pada tahun 1998 mereka menggantikan Viking dan mengambil alih kepemimpinan di Curva Nord, tapi setelah mengalami banyak masalah, Irrudicibili jatuh.
Curva Sud dari Stadio Olimpico di Torino, saat Juventus masih berkandang di sana, merupakan wilayah utama di mana para pendukung Nyonya Tua yang terorganisir menghadiri pertandingan kandang mereka. Mereka terdiri dari kelompok-kelompok pendukung seperti Drughi, Viking Juve, Arditi, Nucleo 1985, 06 Clan, Noi Soli, Gruppo Marche 1993 (juga disebut sebagai GM), Bruxelles Bianconera (pendukung dari Belgia dan Luksemburg) Gruppo Homer (juga disebut sebagai GH), Assiduo Sostegno dan Bravi Ragazzi (didirikan oleh mantan anggota Irriducibili). Kelompok Fighters, kelompok pendukung Juventus terkemuka yang terletak di La Curva Nord di stadion yang sama, telah mengganti namanya menjadi Tradizione Bianconera pada tahun 2005.

sumber:  http://id.wikipedia.org/wiki/Juventus_Ultras

Tidak ada komentar:

Posting Komentar